ANALISIS PENGGUNAAN EJAAN DALAM MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 136 PEKANBARU

Atika Jumaiyah, Otang Kurniaman, Zariul Antosa

Abstract


This research is motivated by the lack of students' understanding of the systematic or procedures for writing spelling. This study aims to describe the use of spelling (use of capital letters, writing words and the use of punctuation) in writing narrative essays in fifth grade students of SD Negeri 136 Pekanbaru. This type of research is descriptive quantitative research. This research was conducted in class V SD Negeri 136 Pekanbaru. The population in this study were all fifth grade students of SD Negeri 136 Pekanbaru, totaling 97 students. The sample used in this study is saturated sample, which is a sampling technique that uses all members of the population. Based on the results of the study it was found that the use of spelling in writing narrative essays of fifth grade students of SD Negeri 136 Pekanbaru was classified in both categories with the acquisition of an average score of 63.35.


References


Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Fitri, I. R. & Wahyuni, R.K. (2018). Analisis Penggunaan Tanda Baca pada Teks Narasi Siswa Kelas VII SMPN 2 Kapur IX. Jurnal DEIKSIS. 10 (03). 274-279.

Fransiska, M. & Listyarini, I. (2017). Analisis Kemampuan Penggunaan Ejaan dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang. Jurnal Lingua. 13(1).

Gina, A. M., Iswara, P. D., & Jayadinata, A. K. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model PWIM (Picture Word Inductive Model) Siswa Kelas IVB SD Negeri Ketib Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Jurnal Pena Ilmiah. 2(1). 141-150.

Gunawan, Heri, I., & Retnawati, S. (2017). Analisis Kesalahan Ejaan Pada Makalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. Eduka Jurnal Pendidikan, Hukum dan Bisnis. 1(5). 1-8.

Ihsan, B. (2018). Analisis Kesalahan Penggunaan Kata dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Bumirejo Kepohbaru Bojonegoro. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 4(2). 42-49.

Khoirurrohman, T. (2018). Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Karangan Siswa Kelas 3 SDN Ketug Kecamatan Butuh Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD. 8(2). 70-77.

Kuntjojo. (2009). Metodelogi Penelitian. Kediri: Universitas Nusantara PGRI

Kusumaningsih, D., Saptomo, S. W., Suparmin,. Sudiatmi, T., & Triyanto, B. (2013). Terampil berbahasa Indonesia. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Mardiyanti, T., Wibowo, I. S., & Karim, M. (2016). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Siswa Kelas X AK 3 SMK Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Pena. 6 (2). 51-64. ISSN: 2089-3973.

Marlina, R. (2015). Analisis Kemampuan Dasar Mengajar Calon Guru Biologi Di Program Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tanjungpura. (Online). http://biology.umm.ac.id (diakses pada tanggal 14 Oktober 2019).

Martini, A. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karanfan Narasi Siswa Kelas V SDN Cilengkrang Kabupaten Sumedang. Jurnal Artikula. 2 (2). 51-59.

Nurjanah, E.S., Kusdiana, A., & Apriliya, S. (2014). Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Titik dan Koma dalam Karangan Narasi Siswa kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(2). 20-29.

Pandini, I. (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan yang Disempurnakan pada Karangan Narasi Siswa Kelas XI SMAN 5 Model Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra. 4 (5). 81-89. ISSN: 2302-2043.

Purnama, H., Rusminto, N. E., & Agustina, E. S. (2013). Ejaan Pada Karangan Siswa Kelas Xii SMA Perintis 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya).1-6

Qhadafi, M. R. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan yang Disempurnakan dalam teks Negosiasi Siswa SMA Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra. 3 (4). ISSN 2302-2043.

Reskian, A. (2018). Analisis Penggunaan Diksi pada Karangan Narasi di Kelas X IPS II SMA Negeri 1 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra. 3 (2). ISSN 2302-2043.

Rini, W. P., Sahari, S. (2018). Pemahaman Penggunaan Ejaan Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. 3(2). 81-86

Sarwoko, A. T. (2003). Inilah bahasa Indonesia jurnalistik. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Shara, A. (2019). Analisis Kemampuan Menentukan Huruf Kapital dan Tanda Baca Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SD Negeri 161 Pekanbaru. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran. 3(2)346-352

Sugiarto, E. (2017). Kitab PUEBI. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyaningsih, E. (2010). Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Karangasem III Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. (Skripsi). Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Tussolekha, R. (2019). Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia Pada Makalah Karya Mahasiswa. Jurnal Bahasa dan Sastra. 20(1). 35-43.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
Website : http://pgsd.fkip.unri.ac.id/ | e-mail : pgsd.fkip@unri.ac.id