ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IVB SD NEGERI 147 PEKANBARU ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IVB SD NEGERI 147 PEKANBARU

Azura Arviana, Syahrilfuddin Syahrilfuddin, Zariul Antosa

Abstract


This research is motivated by the number of students who get low grade in mathematics. This study aims to describe the causes of the low outcomes of student in class IVB SDN 147 Pekanbaru with 10 subjects. Based on the results obtained data causes of low student learning outcomes in matematics subject class IVB is the atmosphere of teaching, the model of presentation of subject matter, willingness to learn, personal and teacher attitudes, readiness or maturity. As for the causes of the low studdent learning outcomes in class IVB SDN 147 Pekanbaru the most dominant is the teaching atmosphere with a percentage of 95%.


References


Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Anas, S. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Fitriana, E. (2016). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Proses Persepsi Siswa tentang Proses Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Geografi di Homeschooling Sekolah Dolan Kota Malang. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Universitas Negeri Malang. Malang.

Herbiadi, A. (2018). Hubungan Antara Sikap Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan. FKIP Untan. Pontianak.

Komariah, A. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling. FKIP Universitas Negeri Padang. Padang.

Petrus, E. (2018). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Keberhasilan Siswa Dalam Belajar Sosiologi SMA Kemala Bhayangkari 1. Jurnal Pendidikan. FKIP Untan. Pontianak.

Ratna, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern dan Konvensial Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. STKIP Andi Matappa. Pangkep.

Setyosari, P. (2013). Meode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2009). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendeikatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Sukmadinata S, Nana. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Widaryanto, S. (2016). Hubungan Antara Fasilita Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Jurnal Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. Universirtas Negeri Semarang. Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
Website : http://pgsd.fkip.unri.ac.id/ | e-mail : pgsd.fkip@unri.ac.id