PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI PELUANG PADA MATAKULIAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD

Elok Fariha Sari, Nursiwi Nugraheni, Trimurtini Trimurtini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif materi peluang pada mata kuliah pembelajaran matematika SD. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, dengan menggunakan model ADDIE. Yaitu salah satu model pengembangan media yang digunakan dalam berbagai jenis pengembangan media pembelajaran. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE menurut Lee & Owens (2004) yang terdiri dari 5 tahap yaitu : (1)analisis, (2) desain, (3)pengebangan, (4) implementasi, (5) evaluasi.Validasi media dilakukan oleh seorang ahli media dan ahli materi. Media yang dihasilkan diujicobakan kepada 40 orang mahasiswa semester 5 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang (Jurusan PGSD FIP UNNES). Hasil pengembangan media ini berupa file media pembelajaran interaktif materi peluang yang dapat digunakan dengan laptop. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa media layak digunakan terbukti dengan validasi ahli media mendapatkan nilai 3,2 yang artinya masuk dalam kategori layak digunakan, ahli materi mendapatkan nilai 3,2 masuk dalam kategori layak digunakan tanpa revisi, dan respon positif mahasiswa sebanyak 90,9% menyatakan media layak digunakan.


Full Text:

PDF (INDONESIA)

References


Budiman, H. (2014). Pengaruh Pembelajaran Geometri Terhadap Sikap Matematik dan Kecemasan Matematika Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 20-30.

Heriyati. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 7(1), 22-32.

Lambertus, A,M., & Maonde, F. (2016). Pengaruh Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Pendidikan Matematika,7(2), 105-124.

Lee, W. & Owens, D.L. (2004). Multimedia Based Instructional Design, Second Edition. United States Of America: John Wiley & Sonc, Inc.

Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76-84.

Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(2)111-117.

Nugraheni, N, Sari, Elok Fariha, & Trimurtini. (2018). Pengembangan Media Geometry Fun Activity Berciri Konservasi Pada Kuliah Geometri dan Pengukuran SD. Laporan Penelitian. Tidak dipublikasikan. FIP UNNES.

Purnama, MD., Irawan, E.B., & Sa’dijah, C. (2017). Pengembangan Media Box Mengenal Bilangan dan Operasinya Bagi Siswa Kelas 1 di Sdn Gadang 1 Kota Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 46-51.

Ratnasari, I.W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo, 5(2),400-405.

Suwoto. 2015. Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Dinamika, 15(1),105-116.

Syamarro, N., Saluky., & Winarso, W. (2015). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Siswa pada Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTS Al-Hidayah Dukupuntang Kabupaten Cirebon (Pokok Bahasan Kubus dan Balok). EduMa, 4(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
Website : http://pgsd.fkip.unri.ac.id/ | e-mail : pgsd.fkip@unri.ac.id