KEEFEKTIFAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN KALENDER CERITA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAPARKAN INFORMASI PENTING KELAS V

Nugraheti Sismulyasih Sb, Ana Hanalia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model team assisted individualization berbantuan kalender cerita terhadap kemampuan memaparkan informasi penting meng-gunakan kalimat efektif siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Penelitian ini menunjukan bahwa (1) harga thitung yaitu 1,702 lebih besar dibandingkan harga ttabel yaitu 1,682 dengan taraf signifikasi 5% (0,05) sehingga dapat diketahui terdapat perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan eksperimen dengan rata-rata lebih tinggi pada kelas eksperimen dan (2) N-gain pada kelas eksperimen 0,34 termasuk dalam kategori sedang, sedangkan kelas kontrol 0,26 termasuk dalam kategori rendah. Gain ternormalisasi yang lebih tinggi pada kelas eksperimen menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan memaparkan informasi penting menggunakan kalimat efektif pada siswa kelas V SD. Simpulan penelitian ini yaitu model team assisted individualization berbantuan kalender cerita efektif digunakan pada pembelajaran kemampuan memaparkan informasi penting menggunakan kalimat efektif siswa kelas V SDN Jatirejo dan SDN Gunungpati 03.


Full Text:

PDF (INDONESIA)

References


Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Daryanto., & Sudjendro, H. (2014). Siap Penyongsong Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Gambari, A.I., & Yusuf, M.O. (2017). Relative Effectiveness of Computer-Supported Jigsaw II, STAD and TAI Cooperative Learning Strategies on Performance, Attitude, and Retention of Secondary School Students in Physics. Journal of Peer Learning, 10(6), 76-94.

Giri, D.R., dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TAI Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5 (2), 1-10.

Hermanto, R., & Anisyah. (2017). Media Literasi Kalender Cerita Bermuatan Nilai Karakter Sebagai Strategi Penguatan Revolusi Mental Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. International Conference on Language, Literature and Teaching, 1, 860-869.

Juhana. (2012). Psychological Factors That Hinder Students from Speaking in English Class (A Case Study in a Senior High School in South Tangerang, Banten, Indonesia). Journal of Education and Practice, 13(12), 100-110.

Munadia. (2015). “Gunakan Kalender untuk Perkuat Literasi Siswa”. Warta Prioritas. Edisi II. Juni -Agustus. Hlm. 5.

Munasih, A., & Iman, N. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Tanya Jawab Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Ceria, 6(1), 1-15.

Permendikbud No. 22 tahun 2016

Permendikbud No. 24 tahun 2016

Qomaria, A.Y. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pengalaman Pribadi dengan Teknik Peta Konsep Siswa Kelas VIII A Mts Al-Mu’min Sembirkadipaten Kebumen. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya Jawa, 3(1), 7-11.

Sihombing, M.GNA. (2014). The Correlation Between The Students’ Pronunciation Mastery and Their Ability In Speaking. The Second International Conference on Education and Language, 1(1), 388-393.

Subarni. (2017). Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Menyimak Cerita dengan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD Negeri Putuk Kecamatan Nguntoronadi, Wonogiri Tahun Pelajaran 2015/2016. Indonesian Journal on Education and Research, 2(3), 46-53.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Susilawati. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pena Edukasi, 4(3), 98-106.

Undang-undang No. 14 tahun 2005

Undang-Undang No. 20 tahun 2003

Undang-Undang No. 24 tahun 2005


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
Website : http://pgsd.fkip.unri.ac.id/ | e-mail : pgsd.fkip@unri.ac.id