ANALISIS PENANAMAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR

Beny Al Fajar

Abstract


Literasi merupakan keterampilan dalam berbahasa meliputi mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Seiring dengan perkembangan zaman, maka literasi juga ikut berkembang. Pemerintah mencanangkan program gerakan literasi sekolah yang bertujuan mendukung pengembangan literasi siswa, Dalam implementasi, guru sebagai fasilitator diharapkan mampu menyajikan materi dan pembelajaran yang menarik bagi siswa. Faktor internal dan ekksternal menjadi pengaruh dalam kegiatan literasi. Tujuan dari adanya kegiatan literasi adalah untuk memperluas ilmu pengetahuan yang dimiliki seorang siswa, hal tersebut sesuai dengan salah satu tujuan bangsa Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.


Full Text:

PDF (INDONESIA)

References


Clay & Ferguson. (2001). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jakarta: Online http://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2017/3%20Mulyo%20Teguh.pdf

Echol, J.M & Hassan, S. (2003). Kamus Inggris Indonesia:An English-Indonesian Dicrionary. Jakarta: Gramedia.

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidkan Dasar (Jupendas), 2(2), 11-21.

Nurdiyanti, E. (2010). Pembelajaran Literasi Mata Pelajarna Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Online (http://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/13490)

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota

Suyono. (2011). Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi. Malang: Cakrawala Indonesia

Wahyuni, S. (2009). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 6(2), 179-189. DOI. http://dx.doi.org/10.21831/diksi.v16i2.6617.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
Website : http://pgsd.fkip.unri.ac.id/ | e-mail : pgsd.fkip@unri.ac.id